Pembuat iklan pikiran rakyat

Pembuat iklan pikiran rakyat - Surat kabar ini didirikan pada 24 Maret 1966. Surat kabar ini dibesarkan oleh Atang Ruswita, wartawan senior. Pikiran Rakyat memiliki slogan Dari Rakyat, Oleh Rakyat, Untuk Rakyat. Koran ini banyak diminati oleh masyarakat kemudian dapat merambah ke seluruh pelosok Jawa Barat dan memantapkan diri sebagai 'korannya orang Jawa Barat', sekaligus yang terbesar di provinsi ini.

Padahal sebelumnya, dalam kurun waktu 1967-1973, koran-koran berskala nasional terbitan Jakarta yang mendominasi peredaran koran Jawa Barat. Antara tahun 1975-1986 Pikiran Rakyat sempat beredar ke seluruh pelosok Nusantara, jadilah Pikiran Rakyat koran nasional yang terbit di daerah. Pikiran Rakyat sempat beredar sampai ke Kuala Lumpur, Malaysia dan Brunei Darussalam. Pada tahun 1986, Pikiran Rakyat kembali menjadi koran regional berbasis provinsi Jawa Barat, walaupun sebagian tirasnya beredar di luar Jawa Barat seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan beberapa provinsi lainnya.

Pada perkembangan iklan pikiran rakyat selanjutnya, lembaga ini menjadi identik milik warga Jawa Barat. Dari aspek bisnis pun terjadi pertumbuhan yang signifikan. Dari rahimnya kemudian lahir PT Granesia, perusahaan percetakan dan penerbitan yang tak hanya mencetak Pikiran Rakyat, lalu secara berturut-turut Mitra Bisnis (semula bernama Mitra Desa), tabloid berbahasa Sunda Galura dan surat kabar Mitra Dialog yang berkedudukan di Cirebon. Lalu, pada tahun 1999, sejalan dengan asas otonomi daerah tingkat dua, Pikiran Rakyat pun menangkap peluang yang muncul. Karena itulah kemudian men-take over Harian Umum Galamedia dari PT Surya Persindo Grup sebagai koran Greater Bandung, Pakuan yang terbit di Bogor, Kabar Priangan di Tasikmalaya, dan Fajar Banten di Serang. Perusahaan pun kemudian menangani radio Parahyangan yang kemudian berganti nama hingga saat ini menjadi PRFM.

perbedaan iklan baris dan pikiran rakyat


 Apakah anda tahu tentang  pengertian iklan baris di iklan pikiran rakyat iklan baris adalah iklan singkat yang hanya terdiri atas beberapa baris di dalam sebuah kolom. Biasanya, iklan baris ada di sebuah kolom khusus yang berisi berbagai penawaran, seperti rumah yang disewakan/dikontrakkan, rumah dijual, lowongan pekerjaan, penjualan/pencarian barang, penawaran jasa, dan sebagainya. Dalam iklan baris, jumlah ruang yang disediakan sangat terbatas. oleh karena itu, biasanya penulisan iklan baris menggunakan singkatan-singkatan untuk menghemat tempat dan tentu saja menghemat biaya pemasangan. Biaya iklan baris dihitung berdasarkan jumlah kata, jumlah baris, panjang (cm), dan untuk berapa kali diterbitkan.

Iklan iklan pikiran rakyat baris menggunakan bahasa singkat dan padat serta disusun berdasarkan golongan yang sama. Iklan lowongan pekerjaan masuk ke kolom lowongan pekerjaan, sementara iklan penjualan rumah masuk ke kolom properti atau rumah dijual. Meskipun ditulis singkat serta menggunakan banyak singkatan, isi iklan harus dapat atau mudah dipahami oleh pembaca. Informasi yang disajikan harus lengkap sehingga memudahkan pembaca memahami iklan yang ditawarkan. Selain itu, singkatan-singkatan yang digunakan, harus mudah ditafsirkan atau dipahami oleh pembaca.Beberapa iklan memiliki banyak kategori iklan baris yang beragam bagi konsumen untuk memanfaatkannya. Ini umumnya termasuk pengumuman garage sale, barang ingin untuk pembelian, orang merchandise gratis ingin membebaskan diri dari dan pemilik hewan peliharaan mencari rumah yang baik untuk rumah hewan peliharaan mereka. Layanan seperti karpet pembersihan, pemeliharaan rumah dan perbaikan otomotif biasanya dipasarkan melalui iklan baris juga.
0 Komentar untuk "Pembuat iklan pikiran rakyat"

Back To Top